Kemenkeu – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, bagian dari tugas Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah melihat gerak ekonomi di bidangnya masing-masing. Pegawai DJP yang setiap hari mengumpulkan pajak, menjaga administrasi penerimaan bukanlah hanya sekedar sebagai pengumpul pajak tetapi menjadi bagian tugas dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menjalankan APBN. Harus ada konsentrasi kepada ekstensifikasi, pemantauan pemahaman yang lebih baik mengenai perekonomian di daerah tersebut.

“Saya harapkan ini bisa disegerakan penataan institusinya dan yang lebih penting adalah segera dijalankan penataan tata kerjanya sehingga bisa melakukan pemantauan yang lebih baik. Dalam penerimaan pajak, yang kita kelola sekali lagi adalah keseluruhan APBN. Dalam mengelola APBN kita melihat semua komponen itu secara komplit,” harap Wamenkeu pada acara Rapat Kerja Gabungan (Rakergab) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jatim Bersatu yang terdiri dari Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I, II dan III di Blambangan Hall Illira Hotel Banyuwangi pada Jum’at (14/02).

Sebagai informasi, sebelumnya, juga digelar rapat koordinasi daerah (rakorda) Kanwil DJP Jatim III, 11 dan 12 Februari. Selain menggelar rakorgab, para jajaran DJP ini ke Banyuwangi untuk mengeksplorasi dan melakukan benchmarking berbagai inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. (ip/hpy/nr)