Beranda Aset Videografis Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Videografis Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

33
Videografis Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
Videografis Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
Videografis Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Membangun sistem belanja pemerintah yang baik. Agar pemerintah dapat berbelanja dengan baik, kini telah dikembangkan beberapa sistem, di antaranya e-procurement atau pengadaan barang dan jasa secara elektronik.

tediri atas e-tendering atau lelang secara elektronik dan e-purchasing atau belanja secara langsung.

Dalam e-purchasing ini, kementerian dan lembaga pemerintah akan memanfaatkan e-katalog yang berisi daftar barang dan jasa yang sudah pasti harganya paling murah. E-procurement telah digunakan di seluruh daerah di Tanah Air.

Ia dipakai di kebanyakan kementerian, lembaga negara serta badan usaha milik negara. Menurut data Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah atau LKPP, saat ini sudah ada 610 Layanan Pengadaan Secara Elektronik atau LPSE yang tersebar di 34 provinsi. Melalui sistem yang terbuka ini, para pengusaha atau calon pengusaha bisa melihat peluang usaha dalam belanja barang dan jasa pemerintah.

Sementara itu, masyarakat dapat ikut melakukan pengawasan. Bila ada penyimpangan, bisa langsung ketahuan dan dilaporkan. Pengawasan ini dapat dilakukan sejak awal, melalui Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SiRUP. Sistem ini sudah digunakan oleh seluruh instansi pemerintah, di pusat dan daerah.

Untuk mengakses SiRUP, masyarakat tidak memerlukan password. Selain itu, masyarakat bisa ikut mengawasi pelaksanaan pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah di daerahnya melalui Sistem Monitoring Evaluasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Secara Online atau Monev Online.

Perkembangan positif lainnya, sekarang ini tengah dilakukan peningkatan kualitas sumberdaya manusia secara masif. Sudah sekitar 200 ribu petugas pengadaan dari seluruh pelosok Nusantara mengikuti sertifikasi yang dilakukan LKPP. Kesediaan memperbaiki SDM adalah bukti komitmen memperbaiki sistem pengadaan………………….

Open chat WhatsApp
1
WhatsApp BPKD RL
Selamat datang Bapak/Ibu
Dilayanan publik BPKD Rejang Lebong
Untuk mendapat informasi
Tanya jawab seputar BPKD RL
OPEN CHAT WhatsApp