Beranda Berita Dana Desa Rejang Lebong meningkat 110 miliar menjadi 114 miliar tahun 2020

Dana Desa Rejang Lebong meningkat 110 miliar menjadi 114 miliar tahun 2020

116
Dana Desa Rejang Lebong meningkat 110 miliar menjadi 114 miliar tahun 2020
Dana Desa Rejang Lebong meningkat 110 miliar menjadi 114 miliar tahun 2020

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan Dana Desa (DD) yang akan diterima daerah itu tahun depan mencapai Rp114 miliar,  lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PMD Rejang Lebong, Achmed Chalid di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan peningkatan jumlah DD di Rejang Lebong dari Rp110 miliar menjadi Rp114 miliar tersebut patut mereka syukuri karena akan menambah besaran dana yang bakal diterima oleh 122 desa di wilayah itu.

“Jumlah DD yang akan diterima Kabupaten Rejang Lebong tahun 2020 bertambah sebesar Rp4 miliar dari Rp110 miliar pada tahun 2019 menjadi Rp114 miliar,” jelas dia.

Adanya penambahan DD yang akan diterima Rejang Lebong ini tambah dia, berdasarkan jumlah nilai bobot mengacu kepada Dirjend Perimbangan Keuangan yang dilihat dari luas wilayah, jumlah penduduk, letak geografis dan jumlah penduduk miskin.

Sementara itu, jika DD mengalami peningkatan sebaliknya Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD setempat mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sebesar Rp62,483 miliar menjadi Rp63,7 miliar.

Besaran ADD itu sendiri kata dia, berpatokan dengan Dana Alokasi Umum atau DAU dan bagi hasil yang diterima Kabupaten Rejang Lebong, di mana besarannya diambil 10 persen dari total penerimaan DAU dan Dana Bagi Hasil (DBH).

Disisi lain, terkait dengan proses pencairan DD tahap III dan ADD tahap II menjelang tutup tahun kata dia, masih ada beberapa desa lagi yang belum mengajukan permintaan pencairannya.

“Untuk pencairan DD tahap ketiga yang sudah mengajukan permintaan sebanyak 119 desa dan sisanya masih ada tiga desa lagi, serta untuk ADD masih ada sembilan desa lagi,” 

Pewarta : Nur Muhamad

sumber : antara bengkulu

Open chat WhatsApp
1
WhatsApp BPKD RL
Selamat datang Bapak/Ibu
Dilayanan publik BPKD Rejang Lebong
Untuk mendapat informasi
Tanya jawab seputar BPKD RL
OPEN CHAT WhatsApp