Beranda Aset BPKD Rejang Lebong Menggelar Bimtek SIMDA Dan BMD

BPKD Rejang Lebong Menggelar Bimtek SIMDA Dan BMD

249

BPKD Rejang Lebong  Menggelar BIMTEK Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) & Barang Milik Daerah (BMD)  Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Yang Di Selenggarakan Pada Tanggal 25-26 November 2019 Bertempatan Di Ruang Pola Pemda.

Dalam Hari Pertama Pembukaan BIMTEK Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) & Barang Milik Daerah (BMD)  Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Pidato Yang Di Sampaikan Oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong, R.A Denni Mengatakan Pentingnya Untuk Mengelolah Aset Daerah Untuk Seluruh OPD Di Kabupaten Rejang Lebong Agara Pengelolaan Aset Yang Ada Bisa Tertata Rapi Dan Tau Keberadaannya, Agar Tahun yang Akan Datang Tidak Ditemukan Permasalah Lagi Untuk Pengelolaan Aset Daerah.

Dalam Rangkai Acara Yang Di Selenggarakan Plt. BPKD Rejang Lebong Wuwun Mirzan, Se, Mt Juga Mengatakan Peserta Yang Mengikut BIMTEK Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) & Barang Milik Daerah (BMD) Harus Fokus Untuk Mengikuti Acara Tersebut Agar OPD Bisa Mengikuti Perkembang Teknologi SIMDA & BMD Yang Selalu Di Upgrade, Kemudia Plt. BPKD Rejang Lebong Juga Memberi Semangat Kepada Peserta Seluruh OPD yang Mengikuti Kegiatan ini Untuk Membenahi Administrasi Berupa Dokumen Serta Aset Yang Dimiliki Setiap OPD Yang Berada Di Kabupaten Rejang Lebong.

Kemudian Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong, R.A. Denni, Disampaikannya bahwa seluruh peserta yang ikut dalam Bimtek betul-betul bisa menjalankan ketertiban administrasi barang milik daerah, mulai dari pembukuan dan hal lainnya yang menyangkut administrasi.

“Saya harapkan tahun 2020 seluruh aset harus selesai, dan tersampaikan. Kita seluruhnya harus tertib administrasi, tatanan barang harus jelas, dari segala aset harus terdaftar”. Ujar R.A Denni.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong, R.A. Denni
Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong, R.A. Denni

Lebih lanjut, disampaikan bahwa aset penggunaan barang saat ini masih banyak yang tidak resmi, disarankan untuk pemegang barang harus ada bukti resmi dalam penggunaan barang, dimana masing-masing pemegang harus bertanggung jawab. Ia juga mengharapkan, seluruh proses pembangunan yang telah selesai untuk segera disampaikan kepada Bupati Rejang Lebong agar dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

“Segala bangunan yang telah selesai untuk disampaikan dan diserahkan kepada Bupati Rejang Lebong sebagai penguasa, agar setelahnya bisa diserahkan kepada OPD yang bertanggung jawab dan bisa dipergunakan sebagaimana mestinya”. Lanjutnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor: 37 Tahun 2014 tentang pengelolaan barang milik daerah dan Permendagri Nomor: 17 Tahun 2007 tentang pedoman teknis pengelolaan barang daerah. Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan setiap Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) yang berhubungan dengan administrasi semua aset dan barang milik daerah. Dalam Bimtek diberikan bimbingan terkait aplikasi Simda BMD oleh narasumber BPKP Provinsi Bengkulu dan Bidang Aset pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Rejang Lebong.

Bimtek diikuti oleh 45 bendahara pengurus barang dan seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) se-Kabupaten Rejang Lebong.

(Media Center Rejang Lebong, BPKD RL)

Open chat WhatsApp
1
WhatsApp BPKD RL
Selamat datang Bapak/Ibu
Dilayanan publik BPKD Rejang Lebong
Untuk mendapat informasi
Tanya jawab seputar BPKD RL
OPEN CHAT WhatsApp